Hubungi Kami
Hubungi Kami
Informasi
Kerjasama
Pembelian
0813 5000 7793 0813 5000 7793 Cimanggis – Kota Depok
permatadomba@gmail.com
admin@hargadomba.com
sales@hargadomba.com
HALAL
THOYIB
BAROKAH
KONTAK KAMI

Tips Memilih Domba Yang Baik & Cara Menjaga Kesehatan Domba

Domba merupakan ternak ruminansia (memiliki 4 buah lambung) kecil yang memiliki keunggulan untuk diternakkan karena memiliki kualitas daging yang empuk sehingga digemari oleh masyarakat. Untuk memelihara domba tidaklah terlalu sulit diartikel ini akan diberikan cara memilih domba yang baik dan tips untuk menjaga kesehatan domba itu sendiri

Ir .Sukandi yang menjabat sebagai Kepala Bidang Bina Usaha Dinas Peternakan Kabupaten Gunungkidul menjelaskan tentang cara mendapatkan bibit domba. Ada 2 cara untuk mendapatkan bibit domba, yaitu dari pasar ternak dan dari peternak pembibit. Pembelian dari pasar ternak memang agak beresiko karena seringkali domba yang dijual sudah tua atau majer, akan tetapi tidak jarang juga ditemui domba yang baik. Pembelian lewat peternak secara langsung lebih terjamin karena riwayatnya lebih jelas.

Jika harus membeli di pasar harus diperhatikan ha-hal berikut, yaitu:
– Pastikan domba dalam kondisi sehat.
– Perhatikan matanya apakah buta atau ada gejala cacing di mata.
– Perhatikan rahang mulutnya apakah mengot atau rapi.
– Kemudian lihat juga giginya, apakah sudah poel atau belum.
– Lalu perhatikan juga ambing susu bagi calon induk dan induk, harus hanya ada dua puting yang baik serta tidak bengkak.
– Bagi pejantan, perhatikan buah testes, harus normal dan simetris.
– Perhatikan juga posisi kuku: tidak bengkak dan tidak cacat, jika hanya njeber-njeber tidak apa-apa, dapat dipotong nantinya terutama yang jantan.
– Diperhatikan juga apakah pincang kalau berjalan.

Jika ternak sudah didapat dan dibawa sampai rumah, dipisahkan dahulu selama satu bulan dengan domba yang lain dengan jarak kandang minimal 50 meter. Hal ini untuk kepentingan kesehatan agar tidak tertular atau menulari yang lain. Lebih bagus jika dimandikan terlebih dulu dengan memakai air sabun. Ditimbang dan diberi obat cacing dan diberi nomor identitas untuk recording. Perbandingan jumlah jantan dan betina dalam satu kandang adalah 1:10atau 1:25. sebaiknya belilah jenis domba yang sudah ada di sekitar kita, karena sudah beradaptasi, apapun jenisnya. Rawat domba tersebut, sambil belajar untuk mengetahui keinginan dan perilaku domba, minimal dua tahun.

Perlakukan domba secara khusus terutama domba yang baru datang. Ada banyak jenis domba di sekitar kita tapi yang utamanya hanya ada dua, yaitu domba lokal/ekor tipis dan domba ekor gemuk (DEG) untuk kawasan Jawa Tengah, D.I. Yogyakarta dan Jawa Timur. Di Jawa Barat tepatnya di Garut ada jenis domba lokal unggul yang namanya domba Garut. Domba lokal, tubuhnya lebih kecil dibandingkan domba ekor gemuk yang memiliki ekor dengan banyak timbunan lemak. Yang dimana jenis jenis domba tersebut sudah pernah dibahas di artikel sebelumnya.

Lalu keadaan kesehatan ternak yang optimal merupakan kunci utama dalam upaya mencapai kesuksesan dalam sebuah peternakan domba. Karena bila keadaan kesehatan ternak anda tidak dalam keadaan optimal atau sering mengalami sakit ditambah anda bukan lah seorang dokter hewan maka konsentrasi anda akan terfokus dalam bagaimana menyembuhkan domba-domba anda serta menelantarkan program penggemukan yang menjadi sumber Profit suatu Usaha.

Kegiatan menjaga kesehatan domba sebenarnya adalah sebuah kegiatan untuk menjauhkan ternak dari segala jenis hama dan penyakit yang ada yang mungkin menyerang ternak. Sehingga ternak tidak akan pernah mendapat sejarah terkena penyakit sedikitpun dan domba bisa di bilang benar-benar kuat, sehat yang berujung kepada peternakan yang efisien.

Adapun untuk mencapai tujuan tersebut ada beberapa tips yang bisa digunakan antara lain :
1. Pemilihan jenis domba yang baik. Pilihlah domba yang berkembang biak dan sesuai dengan lingkungan dan lokasi di mana peternakan anda berada.
2. Menyediakan pakan yang baik. Hal ini menjadi kata yang harus, tidak sedikit peternak yang menyimpan uangnya dalam-dalam untuk mengurangi biaya pakan demi efisiensi. Ingat kualitas pakan bukanlah tempat anda untuk melakukan efisiensi peternakan anda.
3. Menetapkan pola pemenuhan kebutuhan mineral ternak anda untuk menutupi kekurangan mineral yang domba dapatkan dari tanah anda dan makanan yang anda berikan.
4. Singkirkan ternak yang tidak sesuai dengan goal anda demi kestabilan kesehatan ternak lainnya. Beberapa ternak yang tidak sesuai dengan harapan dan program anda sebaiknya cepat di singkirkan karena varietas ini akan sering terkena penyakit dan mempengaruhi domba anda yang lainnya.
5. Lakukan seleksi yang ketat terhadap domba pengganti yang anda ambil untuk menggantikan hewan-hewan yang telah anda singkirkan sebelumnya.

Peternak diharapkan sangat serius terhadap program kesehatan domba seperti vaksinasi bila di butuhkan dan pengontrolan hama-hama dan parasit yang mungkin akan mengganggu kesehatan domba. Itulah beberapa tips yang penting dalam cara memilih dan menjaga kesehatan ternak domba yang dapat anda lakukan dalam peternakan anda.

About the author

Permata Domba mensuplai kambing/domba di wilayah JABODETABEK. Usaha reguler kami adalah suplayer domba kambing ke lembaga aqiqah, Qurban, Restoran dan juga perorangan dengan memberikan produk yang berkualitas dengan harga terbaik untuk Anda.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.